Senin, 23 Februari 2009

ADIL DI DALAM KELUARGA

Mujahidah, XD 2008/2009

Di dalam sebuah keluarga, diperlukan orang tua yang adil kepada anak-anaknya. Keadilan dalam keluarga sangat penting, karena anak akan mencontoh apa yang dilakukan orangtuanya. Apabila kedua orangtuanya bersikap adil kepada anak-anaknya, maka anaknya pun akan meniru sikap tersebut, begitupun sebaliknya.
Kalau dalam sebuah keluarga orangtua tidak bersikap adil kepada anak-anaknya, maka bias jadi anak yang tidak mendapat keadilan itu akan merasa dibeda-bedakan atau mungkin akan merasa iri.
Misalnya; seorang ayah memberi uang kepada anaknya yang kecil Rp. 10.000, sedangkan kepada anaknya yang lebih besar Rp. 5000, Maka anak yang lebih besar akan merasa kalau ia dibeda-bedakan dengan adiknya, karena ia merasa kebutuhannya lebih banyak daripada adiknya, tapi kenapa dia mendapat uang lebih sedikit?, pikirannya pasti akan seperti itu.
Bagi orangtua yang adil akan memberikan sesuatu sesuai dengan kebutuhan anak-anaknya. Orangtua adalah pemimpin dalam sebuah keluarga , dan dalam setiap kepemimpinan akan dimintai pertanggungjawabannya di akherat kelak. Maka dari itu, kita harus berbuat adil kepada siapapun. Kita tidak boleh memihak kepada salah satu.

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar