Jumat, 24 Oktober 2008

Mencari Mutiara Dalam Kehidupan
Oleh: Roidah Azizah
(muridku kelas XD MAT 2008/2009)


Sabar adalah salah satu akhlak yang harus kita punya dalam menjalani hidup ini, karena hidup bagaikan roda, kadang di atas, kadang juga di bawah, ketika di bawah kita akan merasakan cobaan yang terasa berat, ketika itulah sabar begitu diperlukan, sabar untuk bertahan dalam keimanan walau cobaan itu bagaikan badai yang terjadi di gurun pasir, gersang dan panas. Ketika sabar tidak ada dalam diri kita, cobaan itu tidak akan bisa kita lewati bahkan kita bisa saja terpeleset ke jalan-jalan yang tidak Allah ridhoi. Jangan lupa, sabar juga tidak ada batasnya lho…, banyak ayat-ayat al quran yang memerintahkan kita untuk bersabar, seperti QS Al Anfal 46 إن الله مع الصابرين, , sebaliknya jika kita dapat melewati cobaan – cobaan itu, iman kita bisa meningkat.
Allah telah mengutus Rasulullah Saw untuk menyempurnakan akhlak, salah satunya sabar, beliau mencontohkan kepada kita kesabaran beliau yang luar biasa, ketika beliau hidup. Contohnya, sejak kecil Rasulullah SAW telah yatim piatu, sehingga Rasulullah SAW tinggal bersama kakeknya dan pamannya (Abu Thalib), kesabaran membuat beliau tegar dan terus berjuang menjalani hidup walau beliau tidak didampingi ayah ibu beliau. Contoh yang lain, ketika beliau berdakwah, banyak hinaan – hinaan bahkan banyak pula yang melempari beliau dengan batu, kotoran hewan, ada yang meludahi tetapi beliau tetap bersabar, Subhanallah.
So, apapun yang terjadi, syukuri! Karena itulah yang terbaik buat kita dari Allah. Ketika kita lapang kita diperintahkan untuk bersyukur, ketika kita sempit (mendapat ujian/cobaan) kita diperintahkan untuk bersabar seperti dalam sebuah hadits riwayat muslim.
إن أصابته سراء شكر فكان خيرا له وإن أصابته ضراء صبر فكان خيرا له
Jika kita sudah tau sabar baik buat kita, Apalagi yang menghalangi kita untuk tidak mau belajar sabar?



Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar