Rabu, 03 Februari 2010

Remaja sukses, why not?




M. Kemal Abda'u

(XI IPS 3)


Setiap anak yang lahir dari rahim ibunya, pasti memiliki kesempatan untuk melakukan yang terbaik. Begitupun ibu anak tersebut, pasti mengharapkan anaknya dapat menjadi orang sukses. Begitu besar cinta seorang ibu itu. Cinta yang begitu tulus. Bahkan ada yang mengatakan “Kasih ibu sepanjang jalan, kasih anak sepanjang galah.”

Namun, memang tidak semua anak menjadi seperti yang ibunya inginkan. Waktu yang seharusnya digunakan untuk hal yang bermanfaat, malah mereka gunakan dengan sia-sia sehingga banyak kesempatan hilang, uang terbuang cuma-cuma, mimpi-mimpi dan cita-cita menjadi sirna.

Kesuksesan tidak hanya didapat dengan tertawa terbahak-bahak, termenung, berkhayal, nongkrong, atau ikut-ikutan tren terbaru. Akan tetapi kesuksesan akan terwujud apabila kita komitmen terhadap apa yang kita impikan.

Kenapa kita sebagai remaja harus memiliki impian? Karena dengan impian kita bisa mengetahui apa yang akan kita capai sehingga menjadi realita dalam pikiran kita. Selain itu Allah SWT juga berfirman dalam sebuah hadits qudsi, “Aku bergantung prasangka hamba-Ku kepada-Ku. Bila ia berprasangka baik kepada-Ku, maka kebaikan baginya. Dan bila ia berprasangka buruk, maka keburukan baginya.”

Maka dari itu wahai sahabat-sahabatku, memiliki impian itu sangatlah penting, sehingga setiap remaja harus mempunyai impian yang jelas. Selain itu impian memiliki beberapa fungsi, antara lain:

  1. Penunjuk arah

Dengan impian kita akan mengetahui tujuan kita sehingga kita tidak akan tersesat atau tidak sampai tujuan. Hal ini seperti seorang remaja yang ingin naik taksi tapi ia tidak tahu mau kemana. Sopir taksi itu pun menanyakan kepadanya, punya uang berapa? Lalu remaja itu menjawab, seratus ribu. Mungkin sopir taksi itu akan memarahi remaja tersebut karena tidak tahu tujuannya. Atau mungkin si sopir mengajaknya jalan-jalan, muter-muter sampai argo menunjuk angka pas seratus ribu dan remaja itu diturunkan pada tempatnya semula atau bahkan diturunkan di tempat yang tidak ia kenal. Maka dari itu, sebagai remaja kita harus mempunyai impian sehingga kita meraih semua yang kita inginkan.

  1. Menambah nilai pekerjaan

Karena dengan memiliki impian, hidup kita akan lebih bermakna karena kita tahu tujuan akhir kita. Jadi kita belajar, bekerja, beraktifitas bahkan untuk mengisi waktu luang saja tetapi sebagai jalan kita untuk meraih impian-impian kita.

  1. Memberikan kekuatan pada fungsi impian itu sendiri

Impian yang besar akan menghasilkan upaya yang besar. Dan upaya yang besar pastinya akan memberikan hasil yang maksikmal.sehingga orang harus memiliki yang tinggi agar usaha untuk mencapainya juga menantang. Contohnya ada dua orang yang memiliki impian. Si A memiliki impian ingin mendirikan musholla seluas lima kali lima meter persegi. Si B mempunyai impian membangun islamic centre seluas 100 x 100 meter persegi. Dalam hal ini sangatlah jelas bahwa si B akan mengerahkan segala kemampuannya agar islamic centrenya itu jadi. Ia akan membuat proposal yang bagus, menghubungi teman-temannya yang memiliki tujuan yang sama. Dan akhirnya si B berhasil membangun islamic centre. Berbeda dengan si A, ia hanya perlu modal sedikit dengan kerja yang ringan sehingga usahanya untuk membangun musholla pun dianggap santai. Hal ini berbahaya karena mungkin kita akan kehilangan semangat untuk berusaha.

  1. Menentukan prioritas

Otomatis jika kita memiliki impian, pasti kita akan mengalokasikan waktu,. Tenaga, uang, fikiran untuk mengejar impian kita. Sehingga hidup kita tidak hanya ikut-ikutan anak muda yang lain.

  1. Meramal masa depan

Hidup kita sekarang ini merupakan hasil dari impian dan usaha kita pada waktu sebelumnya. Jadi masa depan kita adalah impian kita saat ini. Oleh karena itu, setiap remaja harus memiliki impian agar masa depannya cerah.

Teman-temanku, begitu banyaknya fungsi impian itu, sehingga kita harus mempunyainya. Agar mulai detik ini setelah kita duduk lalu merenunglah, apa yang harus saya capai? Dan pastinya kita juga harus berkomitmen terhadap apa yang kita niatkan, agar kita tidak menjadi pemuda yang plin-plan. Bersama-sama kita pasti bisa meraih kesuksesan tersebut. Amien..............

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar